Perbedaan Sistem Politik Indonesia dengan Sistem Politik di Indonesia
Perbedaan Sistem Politik Indonesia dengan Sistem Politik di Indonesia

Perbedaan Sistem Politik Indonesia dengan Sistem Politik di Indonesia

Perbedaan Sistem Politik Indonesia dengan Sistem Politik di Indonesia | Sistem adalah keseluruhan dari suatu bagian yang semuanya saling terkait, kurangnya salah satu bagian maka suatu sistem tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, sedangkan politik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kekuasaaan, karena kekuasaan tersebut maka ia bisa membuat dan mengatur suatu kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan umum.
Sistem Politik Indonesia

Sistem politik adalah seluruh kegiatan politik dimana semua bagian saling terkait dan terikat secara lembaga untuk mengatur dan membuat suatu kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan umum, ini termasuk proses penentuan kebijakan, upaya dalam mengambil suutu kebijakan, termasuk didalamnya adalah budaya politik dan peran serta warga negara dalam sistem politik. Banyak referensi yang memberikan definisi mengenai sistem politik, namun saya rasa pemaparan yang saya uraikan di atas sudah mewakili pengertian dari sistem politik.

Suatu negara pasti menjalankan dan memiliki sistem politik, namun yang di bahas artikel ini mengenai perbedaan antara Sistem Politik Indonesia dengan Sistem Politik di Indonesia. Perbedaannya hanya terletak pada pelaksanaan saja. Sistem Politik Indonesia adalah sistem politik yang berlaku di Indonesia saat ini / sekarang, Sedangkan Sistem Politik di Indonesia adalah sistem politik yang pernah berlaku dan berlangsung di Indonesia.

Sistem Politik di Indonesia merupakan sistem yang pernah dianut dan berlaku di negara Indonesia bahkan sejak sebelum berdirinya Indonesia sebelum kemerdekaan. Karena Indonesia sejatinya ada sejak zaman dahulu dan banyak sistem politik yang pernah berlaku diantaranya adalah sistem feodal, jadi banyak nilai-nilai budaya yang telah di terapkan dan dianut secara turun temurun yang semuanya mempengaruhi sistem politik sekarang ini. Sistem Politik Indonesia sekarang ini tidak lepas dari yang namanya sejarah lampau bangsa Indonesia yang bayak ditemukan budaya-budaya luhur di masa lalu yang merupakan gabungan dari berbagai budaya baik dari bangsa Indonesia sendiri maupun dari bangsa lain yang melebur menjadi satu baik bersifat asimilasi maupun akulturasi. Jadi untuk mempelajari Sistem Politik Indonesia perlu mengetahui sejarah politik dan budaya yang ada di Indonesia. 

Berikut Sistem Politik yang pernah berlaku di Indonesia di antaranya :

  1. Sistem politik di Indonesia  pada masa pemerintahan setelah kemerdekan. (Periode dari tahun 1945-1959 yang merupakan masa demokrasi parlementer di Indonesia)
  2. Sistem politik di Indonesia  pada masa pemerintahan Orde Lama (Periode dari Tahun 1959-1965, yang merupakan masa Demokrasi Terpimpin)
  3. Sistem politik di Indonesia pada masa pemerintahan Soeharto/Orde Baru (Periode dari Tahun 1966-1998, Yang merupakan masa demokrasi Pancasila era Orde Baru)
  4. Sistem politik di Indonesia  era transisi sebelum reformasi. (Periode 1998-1999 Masa transsisi menuju era Reformasi)
  5. Sistem politik Indonesia pada masa pemerintahan reformasi (Periode 1999-sekarang, era Reformasi)
Sedikit pemaparan dari Sistem Politik Indonesia dan Sistem Politik di Indonesia ini semoga bisa dijadikan sebuah informas yang berguna.
RECENT POSTS
    Info Unik