10 bahasa yang paling banyak digunakan di Benua Eropa
10 bahasa yang paling banyak digunakan di Benua Eropa

10 bahasa yang paling banyak digunakan di Benua Eropa

Di eropa terdapat lebih dari ratusan bahasa, yang beberapa Bahasa diantaranya digunakan oleh masayarakat dunia. Seperti halnya di Indonesia yang memiliki lebih dari 700 bahasa daerah. Bisa jadi terbesit di dalam benak Anda Bahasa yang paling banyak di gunakan di Eropa adalah Bahasa Inggris, tapi kenyataannya berbeda.

Bahasa apakah yang mendominasi di benua kecil ini, Benua terkecil kedua di Bumi yang meliputi 46 negara berdaulat dengan luas sekitar 10 juta kilometer persegi, yang memiliki lebih dari 150 bahasa yang berbeda. Menurut orang Yunani kuno, Eropa adalah putri cantik yang diculik oleh Zeus dan dibawa ke pulau Kreta. Berikut 10 bahasa yang paling banyak digunakan di Eropa :

bahasa yang paling banyak digunakan

10. Belanda

Negara yang pernah berkuasa di Indonesia hamper 350 Tahun ini berada pada urutan kesepuluh, yang sebenarnya sedikit lebih banyak penggunanya dibandingkan dengan Bahasa Rumania. Bahasa Belanda adalah bahasa resmi sebuah Bahasa Jermanik Barat yang dituturkan oleh 22 juta jiwa di seluruh dunia, atau di sebut dengan het Nederlands atau de Nederlandse Taal oleh orang belanda, sedangkan dalam Bahasa Inggris disebut Dutch atau the Dutch Language. Bahasa Belanda juga merupakan bahasa resmi di Belgia. Populasi orang belanda adalah 5% dari jumlah keseluruhan populasi di Eropa.

9. Polandia

Bahasa Polandia tidak sepopuler Bahasa lainnya, tetapi Eropa memiliki 40 juta penutur asli bahasa Polandia. Sebagian besar tidak tinggal di Polandia, tetapi bahasa Polandia juga banyak digunakan di Republik Hongaria,  Ceko, Ukraina dan Belarus,. Secara kolektif, hampir 10% populasi Eropa berbicara bahasa Polandia sebagai bahasa utama, kedua atau ketiga.

8. Ukraina

Ukraina merupakan wilayah negara terbesar di benua Eropa, Bahasa Ukraina hamper mirip dengan Bahasa Rusia. Dengan jumlah penduduk sekitar 45 juta jiwa Ukraina berada di urutan ke delapan dalam daftar ini.

7. Spanyol

Negara dengan salah satu liga sepakbola terbaik di dunia dengan la liganya dengan jumlah penduduk hampir sama dengan negara Ukraina, dan juga merupakan tempat pilihan destinasi terbaik di eropa terutama pada musim panas dan hangat. Bagi yang sudah mahir berbahasa Inggris Bahasa Spanyol adalah salah satu bahasa yang paling mudah dipelajari. Selain itu juga, bahasa Spanyol adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia. Tidak  hanya itu, ternyata 20 negara sudah mengakui bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi dan lebih dari 480 juta orang adalah penutur asli.

6. Italia

Bahasa Italia adalah bahasa resmi di Italia, tetapi juga merupakan bahasa resmi co-di Swiss yang merupakan bahasa ketiga yang paling banyak digunakan oleh orang Swiss. penutur asli bahasa Italia di Eropa sekitar 69 juta jiwa, mungkin berkurang sedikit dikarenakan wabah yang melanda Italia. Negara Italia adalah negara keempat yang paling banyak dikunjungi di dunia setelah Jerman,  Perancis dan di negara Kota Vatikan. 

5. Turki

Turki memiliki sekitar 70 juta penutur asli yang menggunakan bahasa resmi Turki. Bahasa Turki dituturkan di negara-negara Mediterania seperti Serbia, Makedonia dan Yunani dan memiliki status bahasa resmi Siprus. 

4. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memiliki 400 juta penutur asli di seluruh dunia, dimana sekitar 70 juta orang adalah orang Eropa. Bahasa inggris secara de facto merupakan Bahasa dari Britania Raya dan Republik Irlandia. Walau Bahasa Inggris merupakan Bahasa internasional yang paling banyak di gunakan di dunia, tapi kenyataanya di eropa juga banyak yang tidak fasih bahkan paham dengan Bahasa ini.

3. Perancis

Bahasa yang paling banyak digunakan di Eropa ke tiga adalah bahasa Prancis, dengan sekitar 80 juta penutur asli. Bahasa resmi perancis juga merupakan Bahasa resmi kedua yang di gunakan oleh beberapa negara diantaranya wiss, Luksemburg, dan Belgia, mengingat Perancis pernah menjadi negara adidaya di wilayah tersebut, selain itu juga hampir dari 30 negara di seluruh dunia mengakui bahasa Prancis sebagai bahasa resmi atau administratif di negaranya.

2. Jerman

Bahasa Jerman yang di gunakan oleh para filsuf dan pemikir dunia ini menempati urutan kedua, dengan populasi penutur asli terbesar di Eropa yaitu 95 juta orang di Eropa berbicara bahasa Jerman. Ini adalah satu-satunya bahasa resmi Jerman, Austria dan Liechtenstein, dan diakui sebagai bahasa resmi kedua di Belgia, Swiss, dan Luksemburg, dan juga karena bahasa Jerman sangat populer sebagai bahasa kedua, ketiga atau keempat yang di gunakan di Denmark, Belanda, Slovenia, Swedia, Polandia, Finlandia, Hongaria, dan masih banyak lagi negara Eropa lainnya yang menggunakan Bahasa ini. 

1. Rusia

Ternyata Rusia berada di puncak daftar bahasa yang paling banyak digunakan di Benua Eropa dengan sekitar120 juta penutur asli di benua eropa, Bahasa rusia mungkin sedikit rumit, tapi kenyataanya orang eropa banyak menggunakan Bahasa ini, tidak itu saja alfabet yang di gunakannya pun berbeda dari orang pada umumnya di dunia termasuk di eropa, Rusia menggunakan alfabet Cyrillic dan kebanyakan orang menggunakan dan mempelajari alfabet Latin. Selain bahasa resmi Rusia, Bahasa rusia juga menjadi Bahasa resmi dar Belarus atau negara Rusia Putih, selain itu Bahasa rusia juga banyak digunakan di berbagai negara di Eropa Timur.
RECENT POSTS
    Info Unik